Cerita Dokter Tulang

November 9, 2012 at 3:11 pm 17 comments

Sekian lamanya gw gak ngeblog & udah punya blog baru isinya makanan semua, kali ini gw geregetan pengen sharing soal anak lagi..

Mau cerita & share aja pengalaman sama dokter tulang..

Ceritanya gini.. Rabu minggu lalu anak gw tangannya ketarik sama babysitter, jadi dia mau dituntun masuk ke dalem rumah tapi malah ngambek & jatuhin badan.. Abis itu nangis gak berenti, pas aku cek tangan kanannya gak ada tenaga, wah pasti keseleo nih..

Karena gak ada tukang urut keseleo yang aku tahu & emang gak tenang aja kalo gak ke dokter tulang, jadi gw cepet2 bawa ke UGD Siloam MRCCC naek motor om gw yang kebetulan lewat. Di situ anakku dirontgen dulu, katanya biar jelas kenapa & dokter juga nanganinnya bener (tai kucingggg lahh..!!) & kesan yang ditulis sama dokter rontgen adalah subluksasi, dokter UGD juga bilang ini dislokasi alias bahunya geser (kalo aku baca2, subluksasi ini artinya dislokasi ringan, silakan cek wiki).

Terus kita nunggu dokter tulangnya dateng 1 jam-an, untung anak gw bisa tidur, saking kecapean nangis terus.. Akhirnya dokter tulang itu dateng juga & dia juga bilang bahunya geser, terus dia puter2 tangan anak gw (yang nangis jerit2) gak sampe 1 menit, terus udah katanya, udah dia masukin itu bahu ke bonggolnya..

Abis itu dia bebet tangan anak gw pake kain coklat yang panjang itu, katanya harus diistirahatin 2 minggu, tapi kl mandi boleh buka, abis itu bebet lagi karena emang sengaja gak dikencengin, supaya bahunya gak kaku juga, masih bisa gerak2 dikit.. Si dokter bilang takut kena saraf, jadi kalo makin melemah, nanti harus balik ke dia lagi, nanti dikasih penguat saraf, dia bakal cek lagi deh intinya..

Pas bayarrrrr, 3 juta aja donkkkk..!! Dokternya aja udah 2.35jt, itu harga konsul + tindakan, sisanya itu obat (kalsium & painkiller), kain bebetannya itu, rontgen, ugd.. Ya udah deh ya, yang penting anak gw bisa baek deh, gapapa gw talangin tuh 3 jt, abis itu gw reimburse sih ke kantor..

Udah ampir 1 minggu tapi anak gw baru mau angkat tangannya kalo dipancing berkali2 suruh nunjuk ini atau itu.. Dikasi mainan juga gak bisa megang kenceng banget.. Gw daftar deh tuh ke dr Nicolaas di Medistra.. Emang dari awal gw udah mau kontrol ke dia aja, gak mau ke MRCCC lagi krn gw merasa kurang afdol aja kalo belom diconfirm sama Dr Nicolaas bahwa ini udah ok, udah masuk nih bahunya ke bonggol..

Nah rabu berikutnya nih gw ke Dr Nicolaas, apa yang dia bilang coba? Dari rontgen keliatan bahunya tuh gapapaaaa..!!! Sekali lagi, gak ada apa-apaaaa..!!! Dan dia bilang kl ketarik doank, biasanya pasti kena sikut, jarangggg banget sampe bahu ketarik, kecuali sampe jatoh ya.. Dia coba pancing anak gw suruh angkat tangannya tapi gak mau, terus dideketin sambil ajak gw ngomong harusnya di sini nih ketariknya.. Doi megang sikut anak gw and tanpa aba2 langsung deh tu sikut diputer, atau entah deh diapain, pokoknya ‘dibenerin’ deh & anak gw lgs nangis lagi lah abis itu..

Jadi seminggu ini salahnya bukan bahu sodara2, tapi sikutttt.. Abis ‘dibenerin’ sama dr nico, gw tetep hrs observe 1-2 hari, takutnya itu ud kelamaan & dia ud keburu ‘nyaman’ dengan posisi tangan yang salah, jadi sekarang tuh ibaratnya ada trauma baru di tulang sikutnya.. Gak dikasih obat apa2, cuma Voltaren gel aja buat diolesin.. Mau jalan, mau tidur tengkurep guling2an juga gapapa katanya.. Asal dia bisa angkat tangan sendiri, maen dengan tangan kanannya (tanpa harus dipancing), artinya udah ok deh tuh..

Puji Tuhan yah, belum pulang dari RS aja anak gw udah bisa dadah2, kiss bye, tos, obok2 kolam di depan RS, ud lari2 seneng banget dah.. Untungggg gw belum ketelatan bawa dia ke dokter lain, kl nggak bisa cacat tangannya seumur idup..

Maap cerita gw panjang banget, tapi cuma mau share ati2 aja milih dokter, kl gak sreg di hati mending lgs ganti dokter di hari itu juga, jangan nunggu lama2 deh.

Buat yang pengen tau siapa dokter di siloam, cari aja deh hari Rabu pagi siapa tuh yang praktek, masih geram gw sampe sekarang sama tuh dokter.. Nyebut namanya aja gw gak sudi..

Advertisements

Entry filed under: My Little Family. Tags: , , , .

Update.. Update..

17 Comments Add your own

  • 1. debbytondo  |  November 9, 2012 at 10:44 pm

    pengalaman gak enak dengan dokter disini emang sering banget Le dan bener banget yg elo bilang kalo pilih dokter mesti hati2 dan sesuai sama hati…makanya gue juga ganti DSA-nya Alden 🙂

    Reply
    • 2. lenny  |  November 12, 2012 at 8:55 am

      iya emang, gw kesel banget sama ni dokter.. pengen gw kasusin rasanya, tp pasti gw kalah krn gak ada duit hahaha..

      Reply
  • 3. Arman  |  November 10, 2012 at 2:31 am

    gile tuh dokter… udah bayarnya mahal amat, ngaco pula!!!
    emang ngeselin kalo ketemu dokter yang kayak gitu ya len…

    Reply
    • 4. lenny  |  November 12, 2012 at 8:54 am

      emanngggg…!!! kl di amrik bisa dituntut kali ya?

      Reply
  • 5. ELSIEY  |  November 12, 2012 at 9:21 am

    WADUU… KALO KEJADIAN DI GUA SIH, BISA GUA SAMPERIN TUH DOKTERNYA MINTA PERTANGGUNGJWABAN ATAU GUA KASUSIN. BOKAMGUAN BENER BAYAR 3 JUTA TERNYATA SALAH PROGNOSIS. UNTUNG MASIH KETOLONG YAK.

    Reply
    • 6. lenny  |  November 12, 2012 at 9:30 am

      laki gw sih pengen kasusin tuh.. tapi kayaknya makan waktu gw & gw males banget ketemu tu dokter lagi.. gw sebarin aja di internet kayak gini, lama2 jg gak laku tu dokter.. *masihdendam*.. iyaaa untung banget lho masih ketolong, masih bersyukur deh gw..

      Reply
  • 7. Sisca  |  November 13, 2012 at 12:41 pm

    Hi len, salam kenal yah…

    Biasanya kalo keseleo gitu ato ada kenapa2 deh ya.. Setau pengalaman g, kalo abis dibenerin, paling lama 15 menit udah balik bs berfungsi tangan ato kakinya. Anak g, umur 2 taon 7 bulan (uda 3 x) suka keseleo ato kena uratnya.
    Di benerinnya jg ga pake lama. Ga nyampe 30 detik malah. Yg terakhir tgnnya keseleo, gr2 d onggong2. Nangis smp 1 jem ada, krn nunggu papanya plg n ke rmh tmn bkp g yg ngerti urut. Bgt udah “bener”, krn sakit bgt, anak g smp trauma, tkt kepegang. Tp abis itu udah fine2 aja… Bgt pulang di mobil tgnnya uda bs dipake sm d.

    Emang dokter skrg parah yah, bnyk yg komersil. Mst hati2…

    Reply
    • 8. lenny  |  November 21, 2012 at 1:50 pm

      iya nih.. mslhnya gak ada tukang urut yang gw kenal jg, jadi ke dokter aja, dan hrsnya ni dokter ud senior, kan ud tua ya.. tnyata dudul 😦 thanks ya sis.. gw hrs cari tukang urut atau org yg emang pinter jg mslh ginian, buat jaga2 aja yahh..

      Reply
  • 9. Tenop  |  December 3, 2012 at 12:32 am

    trus sekarang udah pulih total?

    Reply
    • 10. lenny  |  December 3, 2012 at 2:17 pm

      pulih total kok, kayak gak pernah kenapa2 deh..

      Reply
      • 11. dewi  |  January 6, 2014 at 9:49 pm

        halo kak…
        q bru bc blog kaka..
        pengalaman yg berharga ..
        mou tanya dong.ka..klo.di rs medistra uk dokter nicholas..konsultasi n berobat mahal g yah??mau consul.n cek up
        thx ka

        Reply
        • 12. lenny  |  January 7, 2014 at 5:53 am

          Hi dewi. Dr nico termasuk agak mahal sih ya. Terakhir ke sana pas reagan ada tindakan itu 1.2jt & stlh konsul ulang gak diapa2in, hanya dicek ud ok/blm 700rb

          Reply
  • 13. mega  |  August 14, 2014 at 1:25 am

    Akhirnya nemu blog ini barusan anakku juga tangan ketarik sama babysitter. Tapi tidak tahu yang kena bahu atau sikutnya,mungkin dugaan ku bisa bahu. Soalnya kok nangis tanpa henti gitu. Sudah ke ugd, cuma ya tdk ada hasil krn masih 1,7 thn usianya mereka tdk berani tindakan apa2x. Walau aku sudah nangis2x panik. Soalnya tangan tidak mau gerak dan lemes gitu.Bingung mau ke tukang urut/dokter. Hiks!! Kalau dokter nico dahulu di pijat/diapain ya detailnya?atau memang hanya cukup voltaren saja?terimakasih

    Reply
    • 14. lenny  |  August 14, 2014 at 6:36 am

      Hai mega
      Sama tuh ky anakku, kalo ada tk urut tepercaya sih gpp tp kl gak ada ke dr nico aja lgs. UGD mana ya? Hrsnya mrk refer ke dokter tulang di rs itu donk ya?
      Sm dr nico cuma spt diputer sikutnya, itupun gak blg2 aku mau diapain, dia pegang2 & lgs “dibenerin”.

      Reply
  • 15. mega  |  August 14, 2014 at 12:25 pm

    lokasiku di jogja moms, dan aku juga agak takut yang berhubungan tukang urut. Krn kan masih kecil usianya dan anak cewek pula. Jika tak sembuh dan tdk ada jalan keluar yg pasti, dah sepakat ma suami mau bawa jakarta saja. Ke dokter nico sajalah.Takut kenapa2x. Makasih banget sudah share pengalaman ini. Aku searching di google semalaman tidak ada yg nulis pengalaman kayak yg aku alami ini. Dah ndak kuat batin seorang ibu lihat anaknya nangis terus (tangan lemes,tdk mau digerakkan,tiap kesentuh nangis terus).
    Moga2x di jogja bisa ketemu juga dokter tulang yg bagus. Terimakasih share-nya ya bunda, sangat membantu sekali. Apalg sama persis yg dialami baby-ku.

    Reply
    • 16. lenny  |  August 14, 2014 at 12:56 pm

      Waaa di jogja ya.. Mending cepet dibawa karena takut nanti posisi tulangnya akan begitu sampe gede.. Kl keseleo memang pasti tangannya lemes gak bisa megang/gerak.. Mumpung msh dini dibawa cepet ya ke dokter tulang yg ok, atau ke tk urut keseleo.. Pasti ada deh di jogja, cuma mgkn hrs nanya2 ya.. Cpt sembuh & keep info ya perkembangannya gmn, aku jd ikut deg2an

      Reply
  • 17. mega  |  August 14, 2014 at 8:57 pm

    Sebagai info tambahan, supaya ibu2x/siapapun yg baca diblog ini menjadi pengalaman yang berharga:
    Setelah tadi sore ke dokter tulang,kata dokter di rontgen tidak terjadi patah/retak, kemungkinan trauma otot (seperti ketarik/streching). Dicek (jari tangan masih bisa bergerak posisi menggenggam+menunjuk+membuka) walau lemas+sakit,maka tidak perlu diapa2xkan-> (dalam hati sambil pengen teriak”hah?!!” kok tdk diapa2xkan). Beda apabila jari tangan sangat kaku tdk bisa digerakkan sama sekali (kemungkinan cedera bahu:maaf lupa namanya). Disarankan oleh dokter: tidak boleh diurut (takutnya malah terjadi peradangan+memar), diobservasi saja selama 3-7 hari. Boleh jika diberikan salep seperti voltaren/minyak kayu putih. Dokter juga tidak memberikan obat apapun. Karena otot yang ketarik/keseleo bisa sembuh dengan sendirinya apalagi masih anak2x relatif cepat sekitar 1 minggu beda dengan dewasa yang membutuhkan waktu 2 minggu. Biasa dalam 1 minggu akan menunjukkan progess, tanda-nya anak mulai bisa mengangkat tangan atau tidak rewel.
    Apabila dalam 1 minggu tidak ada perkembangan lebih lanjut maka diperlukan MRI/CT scan. Untuk pijat/urut boleh dilakukan setelah 1 minggu (dgn pertimbangan otot sudah dalam masa pemullihan).
    Sekarang masih tunggu progess dahulu 3 hari apabila dirasa tidak ada perkembangan yg berarti cek dokter yg lain+pergi ke jakarta saja (sangat berharap ada perkembangan sambil berdoa terus).
    Untuk up date selanjutnya akan saya kabari moms.
    terimakasih atas perhatiannya

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Lilypie

Calendar

November 2012
M T W T F S S
« Oct    
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  

Archives

Blog Stats

  • 18,814 hits

%d bloggers like this: